Sabtu, 19 Februari 2011

Danau Tiga Warna

Saya terlahir dari garis keturunan nelayan yang hampir setiap harinya mampu melihat sunset dikala matahari terbenam, melihat indahnya lautan biru dan yang paling saya banggakan adalah Danau Tiga Warna yang kami miliki (wilayah Kelimutu, NTT). Danau ini memiliki tiga warna berbeda yang sewaktu-waktu wananya dapat berubah. Saya rasa, ini patut saya bagikan kepada pembaca, agar kalian bisa membayangkan indah dan sangat eksotisnya Danau ini.


Saat danau berwarna Merah, Bitu dan Putih

 Saat danau berwarna Hitam, Hijau dan Merah



Yah kembali lagi dengan nama Kelimutu, menurut silsilahnya Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan kata "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan warga, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Banyak sekali orang-orang yang telah berkunjung ke Danau ini, dan mereka yang berkunjung bukan hanya pecinta keindahan alam saja tetapi banyak juga peneliti yang ingin tahu kejadian alam yang sangat langka ini :)

Sebagai informasi kepada pembaca, Kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992, wahh kayanya degara kita dengan beragam keindahannya di setiap daerah :D, untuk semua orang muda Indonesia, ayo bangkitkan rasa memiliki dan mari kita jaga warisan terbaik Negara kita..

keep the natural beauty of Indonesia*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar